Hal-hal Menakjubkan Terjadi Para Orang-Orang Ini saat Koma

Kondisi mengalami koma pada beberapa kasus dapat dibilang bahwa keberlangsungan hidup seseorang menjadi tertunda yang bisa dalam hitungan hari, minggu, bulan, tahun, bahkan ada yang sampai puluhan tahun.

Tentu saja selama yang bersangkutan sedang “tidur” kehidupan di luar sana tetap berjalan sebagaimana biasa. Nah, beberapa peristiwa unik yang terjadi justru saat orang sedang mengalami koma.


1. Meraih Gelar Copa Sudamericana
Persepakbolaan Brasil pernah mengalami tragedy ketika di bulan November 2016 penerbangan LaMia 2933 mengalami kecelakaan di Kolombia utara. Pesawat yang jatuh tersebut membawa seluruh anggota klub Chapecoense yang sedianya akan bermain pada laga final untuk merebut gelar juara Copa Sudamericana. Seluruh penumpang beserta sebagian besar anggota club tewas dalam musibah tersebut kecuali, bek kiri Alan Ruschel, kiper Jakson Follman, serta bek tengah Helio Hermito Zampier Neto.

Neto yang luka parah bahkan sempat mengalami koma selama dua minggu dan akhirnya tersadar. Club Atletico Nacional, calon rival Chapecoense di gelaran final tersebut mengajukan permohonan kepada badan sepakbola Amerika Selatan, CONMEBOL untuk menganugerahkan Copa Sudamericana kepada club Chapecoense sebagai bentuk dukungan.

Neto yang akhirnya dapat sembuh seperti semula sama sekali tak mengingat peristiwa kecelakaan tersebut, dan dia beserta 2 orang lainnya yang selamat telah menjadi juara tanpa sekali pun menendang bola.

2. Melahirkan Bayi
Valerie Leah, seorang wanita asal Inggris didiagnosa terserang flu babi 3 bulan sebelum melahirkan. Kondisinya akhirnya memburuk dan Leah jatuh koma di Rumah Sakit Umum Tameside Manchester. Peristiwa ini terjadi pada 2010. 


Ajaibnya walaupun dalam kondisi koma tapi Leah berhasil melahirkan bayinya dengan selamat. Syukurlah setelah 4 bulan bertarung dengan virus penyakitnya, baik ibu sekaligus si anak akhirnya bebas dari penyakit tersebut. 

Memecahkan rekor dunia

Siapa sangka dalam kondisi koma sekali pun orang masih berkesempatan untuk meraih juara. Dua orang yang dimaksud adalah Elaine Esposito yang mengalami koma di usia 6 tahun, yaitu pada 1941 setelah menjalani pembedahan untuk pengangkaan usus buntunya.

Yang kedua adalah Edwarda O’Bara, yang mengalami koma akibat serangan diabetes dan ini terjadi pada Januari 1970. Kedua wanita tersebut berhasil meraih rekor sebagai orang yang paling lama menghabiskan hidupnya pada kondisi vegetative atau koma yang persisten.

Esposito berada dalam kondisi koma selama 37 tahun, 3 bulan, dan 20 hari, walaupun dokter meramalkan usianya tidak akan lama. Sementara O’Bara yang berasal dari Pennsylvania akhirnya meninggal pada tahun 2012 setelah bertahan dalam kondisi “tidur” selama 42 tahun, bahkan lebih lama dibandingkan Esposito.

Menjadi kecanduan berhubungan badan

Angelo De Luca (81 tahun) mengalami cedera yang serius dan koma setelah jatuh dari pohon di kebunnya. Setelah 4 hari kakek ini pun terbangun namun ada yang berbeda. Pria ini jadi kecanduan berhubungan badan.

Akibatnya dia mulai berkunjung ke lokalisasi setempat untuk berkencan dengan wanita-wanita penghibur berusia jauh lebih muda. Namun nafsu seksualnya seolah tak terpuaskan. Hingga akhirnya sang Putra mengetahui kalau ayahnya menghabiskan hingga US$ 5.200 untuk “hobby” barunya kemudiang mengambil alih keuangan De Luca.

Kakek ini pun jadi tak bisa keluar rumah dengan bebas sebagaimana biasanya. Anggota keluarga yang melihat perilaku pria ini yang menjadi tidak normal setelah koma kemudian memutuskan untuk selalu mengawasinya dalam tahanan rumah secara ketat.

Fasih bicara bahasa asing

Hal ini terjadi pada remaja 16 tahun asal Georgia Amerika Serikat, bernama Reuben Nsemoh. Setelah mengalami koma selama beberapa hari di tahun 2016 dia terbangun dan berbicara dalam bahasa Spanyol dengan dialek sempurna. Sayangnya kemampuan tersebut tidak bertahan lama, hanya beberapa jam saja dan perlahan-lahan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *